Rabu, 31 Oktober 2012

Menjinakan Burung Ciblek

Burung ciblek merupakan salah satu burung yang cepat beradaptasi terhadap lingkungan. Jika ingin menjinakkanya cobalah mandikan hingga basah kuyup, lalu ditaruh atau dijemur di tempat yang ramai yang dilalui orang seperti teras rumah. Juga untuk makanan diberikan jangkrik dengan memakai lidi secara rutin dan sesekali melalui tangan.


Untuk bulu ekor ciblek yang tidak tumbuh, penyebab bisa bermacam-macam. Mungkin saja ada patahan di pangkal bulu ekornya atau biasanya dikarenakan birahi tinggi. Jika ini penyebabnya, cabut bulu patahan tersebut. Mencabutnya diusahakan di dalam air, ini untuk mengurangi rasa sakit dan mengurangi terjadinya pendarahan.

Ciblek untuk sementara tidak ditrack hingga birahinya menurun. Bisa jadi penyebab birahinya dikarenakan burung terlalu sering diadu serta usahakan jumlah ekstra foodingnya dikurangi hingga berahinya setabil.

Kutu juga bisa menyebabkan susah tumbuhnya bulu atau ekor. Jika karena kutu, sebaiknya dibersihkan dengan cucian air beras atau perasan daun sirih. Lalu bisa juga dengan sampo burung yang banyak beredar di pasaran.

Kekurangan protein dan nutrisi pun menyebabkan susah tumbuh dan kusamnya bulu burung. Jika ini penyebabnya, maka tingkatkan jumlah ekstra foodingnya secara bertahap dan rajin dimandikan serta dijemur. Semoga bulu burung cibleknya kembali tumbuh normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar