Kamis, 01 November 2012

PENJODOHAN KENARI

Proses penjodohan dirasa perlu karena dalam proses penyatuan kedalam satu kandang nantinya sepasang kenari yg ingin dijodohkan akan cepat melakukan perkawinan karena sudah mengenal satu sama lainnya, kalaupun masih terlihat berantem (dengan tidak menyerang dengan mencabut bulu) tidak akan memakan waktu yg lama. kenapa proses penjodohan ini penting??? hal ini saya alami sendiri terhadap beberapa indukan kenari saya yang lama sekali berjodoh karena saya paksakan untuk berjodoh dengan langsung disatukan didalam satu kandang, namun dengan melakukan proses penjodohan sepasang indukan akan lebih cepat jodoh dan akan segera berkembang biak.



* LANGKAH PENJODOHAN

1. Sepasang indukan yg akan dijodohkan haruslah sudah memasuki masa berkembang biak, usia kenari betina dan jantan sebaiknya diatas sekitar 7 bulanan [alangkah baiknya usia kenari penjatan lebih "Tua" - usia diatas 8 bulan]. walupun tidak mutlak karena ada beberapa kenari betina dan jantan saya umur 5 -6 bulan sudah minta kawin. namun dari pengalaman saya, sepasang indukan kenari yg cukup umur akan mengurangi masalah-masalah seperti telur tidak isi, tidak mau mengeram, kualitas anakan yg lemah, dll.

2. Selanjutnya sepasang indukan kenari yg akan dijodohkan ditempatkan dalam kandang masing-masing [ukuran kandang 30X30x40cm] sudah cukup. tempatkan/gantung selalu bergandengan “tempel”, juga waktu penjemuran harus selalu diusahakan berdekatan. lalu diusahan proses penjodohan dengan saling “tempel” ini sepasang indukan kenari yg akan dijodohkan tidak berdekatan atau melihat kenari yg lain, hal ini akan diharapkan proses penjodohan akan lebih cepat karena masing-masing kenari lebih fokus ke pasanganya masing-masing.

3. Untuk pakan dalam proses penjodohan tetap seperti biasa dengan selalu tersedianya bijiian mix dan sayur kesenangan kenari seperti sawi, gambas, selada,dll. hanya untuk mempercepat masa birahi saya biasanya memberikan telur puyuh setiap 2 hari sekali.

4. Selama masa penjodohan sebaiknya sepasang indukan harus cukup penjemuran.

5. Lamanya proses penjodohan ini relatif saja, bisa 3 hari, 1 minggu, dst. kalau sepasang kenari yg dijodohkan sudah saling berdekatan, walaupun terpisahkan kandang dan terkadang terlihat saling meloloh dengan kandang yg didekatkan/dirapatkan. lalu jika kita jauhkan salah satu pasangannya, masing-masing kenari seperti gelisah tidak tenang dan seperti saling memanggil dengan bersaut-sautan. jika dalam 3 hari sudah terjadi demikian. maka dari pengalaman saya pribadi biasanya dalam waktu 5-7 hari sepasang kenari sudah mau berjodoh.

6. Jika point 5 sudah terlampaui mulailah kita mencoba menyatukan sepasang indukan kenari tersebut dalam kandang [bisa kandang permanen ataupun kandang gantung biasa]. jika sudah tidak berantem berarti dipastikan kenari sudah berjodoh. kalaupun masih sedikit berantem dengan hanya gertak-gertakan tetap biarkan saja dalam satu kandang, asal jangan masing-masing kenari menyerang dengan mencabut bulu, jika itu terjadi langsung pisahkan kenari, karena itu menunjukan bentuk kebencian dan kenari tidak mau jodoh, namun jika hanya sifatnya hanya saling gertak tetap biarkan saja dalam satu kandang, karena dalam 1-2 hari berikutnya kenari tersebut sudah kenal dan rukun/mau untuk jodoh.

7. Seterusnya, sepasang indukan kenari yg sudah berjodoh berikan cukup sayur, jemur, telur puyuh, tulang sotong untuk mencukupi kebutuhan mineral dan kalsium. apalagi bagi kenari betina yg sudah siap bertelur karena akan baik untuk membantu proses pembentukan cangkang. dan terakhir tentunya kita akan menyiapkan sarang untuk kenari bertelur.

Demikian beberapa langkah langkah penjodohan kenari yg saya lakukan, walaupun tidak mutlak, karena ada juga kenari yg tidak perlu penjodohan terpisah karena langsung dimasukan dalam satu kandang dan mau untuk jodoh. tetapi untuk mengurangi masalah-masalah kenari yg sulit berjodoh dll, proses penjodohan saya rasa adalah jelas solusi yg mutlak untuk dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar