Jumat, 02 November 2012

Mengenali Sifat Burung Kacer

NANGKUR adalah sifat alamiah dari burung Kacer. Ada beberapa sebab mengapa burung Kacer Nangkur, yaitu: sedang birahi, cuaca panas, dan
kemungkinan takut melihat lawan jenis.


Jika burung Kacer Nangkur karena birahi, biasanya dipengaruhi ekstra pudding yang terlalu banyak, seperti jangkrik atau kroto. Jadi sebaiknya kurangi ekstra puding ini.

Burung kacer yang nangkur karena cuaca panas, disebabkan oleh factor alamiahnya yang memang hidup di alam yang banyak terdapat air.
Karena itu, banyak Kacer yang kerap nangkur jika cuaca panas.

Solusinya, perbanyaklah pola mandi bagi si burung. Bisa dua atau tiga kali sehari, sehingga burung merasa nyaman. Namun bisa juga sesuai dengan kebutuhan sang burung.

Apabila Kacer nangkur karena factor usia maka pilihlah Kacer yang sudah mabung(ngurak) ketiga kalinya. Sebab, Kacer mulai mapan saat sedang mabung untuk ketiga kalinya. Sebab tipikal burung ini adalah petarung, jadi factor usia
sangat mempengaruhi saat bertanding.

Agar burung Kacer galak, pola makan juga harus diatur sedemikian rupa, tetapi sesuaikan dengan kebutuhan burung. Selain itu, burung harus sering dilatih.

Minimal satu minggu sekali dengan rentan waktu maksimal setengah jam.
Meski banyak orang yang mengatakan burung kacer adalah burung misteri. Kita mungkin sudah memiliki burung yang dinilai masuk bagus.

Tetapi, terkadang criteria itu tidak sesuai dengan yang diinginkan. Sebab sifat nangkur dari burung Kacer tadi.

Burung Kacer merupakan salah satu burung petarung yang memiliki gaya paling eksotis dan suaranya sangat memukau. Karakter dasar burung Kacer ini diantaranya:
Burung ini sangat mudah menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan.
Petarung yang mudah naik darah, apabila mendengar suara burung lain atau melihat burung sejenis.

Birahinya cenderung mudah naik. Banyak penyebabnya, seperti setelan EF yang over, penjemuran yang berlebihan atau melihat burung Kacer betina.

Mudah jinak. Karena kemampuannya beradaptasi yang tinggi, maka burung ini mudah dijinakkan manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar